Di Indonesia sweater tak hanya menjadi benda fashion yang menghangatkan saat musim hujan tiba tapi juga seringkali terlihat menjadi pelengkap penampilan sebagai luaran untuk membuat tampilan berkesan semi-formal.
Tapi pernahkah Anda mengalami masalah saat ingin memakai sweater tapi didera rasa gatal saat bahan sweater mengenai kulit Anda? Jika ya, berikut cara membuat koleksi sweater Anda nyaman dipakai tanpa meninggalkan rasa gatal.
Pertama rendam sweater dalam air dalam kondisi terbalik, bagian dalam berada di luar. Setelah itu rendam sweater dalam air dingin yang sudah dicampur dengan cuka putih. Diamkan selama 15 menit dan bilas.
Setelah dibilas, ambil conditioner dan ratakan pada sweater. Pastikan Anda memilih conditioner yang tak mengandung wax. Wax dalam conditioner bisa merusak serat sweater. Diamkan selama 30 menit. Setelah itu bilas sweater sampai bersih dengan air dingin. Pastikan sweater sudah benar-benar bersih dari conditioner dan tak berbusa.
Peras sweater dan serap air yang tersisa dengan handuk. Setelah itu angin-anginkan sweater sampai kering. Setelah sweater kering, siapkan plastik kedap udara atau ziplock plastic. Masukkan sweater dan tutup plastik. Masukkan ke dalam freezer dan diamkan semalam.
Cuka dan juga conditioner dipercaya dapat membantu melembutkan serat wool. Sehingga akan membuat sweater lebih lembut dan nyaman dipakai serta tak akan menyebabkan gatal pada kulit Anda.