Zomuda - Untuk menghasilkan pembuahan, dibutuhkan sperma sehat dengan jumlah yang cukup. Akan tetapi beberapa penyakit pada pria bisa menurunkan mutu dan jumlah sperma.

berikut daftar beberapa penyakit yang dapat merusak dan menurunkan jumlah sperma seperti di lansir oleh Mayoclinic:

1. Tetis tidak turun
Selama Perkembangan janin pada rahim, datu ataupun dua tetis kadang  gagal untuk turun dari perut ke dalam kantung yg biasanya berisi tetis ( skrotum ). Cowok dengan kondisi seperti ini dapat mengalami gangguan kesuburan. ( Agen Parlay Terpercaya )

2. ketidak seimbangan hormon
Hipotalamus, hipofisis & testis memproduksi hormon yg digunakan utk menciptakan sperma. Perubahan hormon ini, juga dari system lain seperti tiroid & adrenal, akan mengganggu dalam memproduksi sperma.

3. Cacat saluran sperma
Tabung yg mengambil sperma dapat rusak karena penyakit atau cedera, seperti fibrosis kistik. Sekian Banyak cowok terlahir dgn sumbatan di sektor testis yg menaruh sperma (epididimis) atau penyumbatan salah satu tabung yg mengambil sperma dari testis (vas deferens). Cowok dgn fibrosis kistik akan lahir tanpa saluran sperma sama sekali. ( Agen Bola Terpercaya )

4. Cacat kromosom
Hambatan yg diturunkan seperti sindrom Klinefelter, di mana cowok lahir bersama dua kromosom X dan satu kromosom Y bukannya satu X & satu Y, menyebabkan perkembangan abnormal terhadap organ reproduksi cowok. Sindrom genetik lain yg terkait dgn infertilitas antara lain fibrosis kistik, sindrom Kallmann, sindrom Young, dan sindrom Kartagener.

5. Penyakit celiac
Kesukaran pencernaan yg disebabkan oleh kepekaan pada gluten, penyakit celiac, serta sanggup menyebabkan infertilitas terhadap cowok. Kesuburan rata-rata akan dioptimasi sesudah mengadopsi diet bebas gluten. ( Situs Parlay Terpercaya )