Ingin tubuh selalu fit dan tidak gampang jatuh sakit? Salah satu kuncinya adalah memiliki kualitas tidur yang baik. Tak hanya mendapatkan jam tidur yang cukup, tapi juga melakukan "ritual" sebelum tidur yang tepat.
Dilansir dari Huffington Post, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan sebelum tidur malam. Ada 10 ritual sebelum tidur yang Anda pilih. Saat bisa melakukannya dengan teratur Anda akan semakin sehat dan tidak mudah terserang penyakit.
1. Mandi
Suhu tubuh sangat penting untuk mendapatkan tidur nyenyak. Mandi air hangat misalnya bisa membuat Anda merasa lebih relaks dan tidur jadi lebih lelap.
2. Meditasi
Meditasi atau sekadar latihan pernapasan ringan sangat membantu untuk mencapai tidur nyenyak.
3. Menulis buku harian
Susah tidur? Coba menulis di buku harian. Penelitian menunjukkan bahwa menulis bisa merilekskan tubuh dan pikiran. Dan tidur pun jadi lebih nyenyak.
4. Minum air putih
Cukup minum segelas air putih biasa sebelum tidur. Cara ini bisa membuat Anda terhindar dari dehidrasi.
5. Gosok gigi
American Dental Association merekomendasikan gosok gigi dua kali sehari. Tujuannya jelas untuk mencegah penumpukan plak dan bakteri gigi.
6. Olahraga
Olahraga ringan ternyata bisa membantumu tidur malam lebih nyenyak. Pilihan olahraganya cukup yang ringan saja, seperti jalan kaki santai berkeliling dalam rumah.
7. Matikan gadget
Sebelum tidur, matikan semua gadget Anda. Sebaiknya jangan beraktivitas dengan menggunakan gadget sebelum tidur. Karena sinar biru monitor gadget bisa mengganggu siklus tidur Anda.
8. Makan sehat
Makan buah di malam hari dapat membantu dapatkan kualitas tidur yang baik. Asal jangan makan berlebihan atau mengonsumsi makanan yang terlalu berat dalam rentang waktu 3 jam sebelum tidur.
9. Tidur dengan hewan peliharaan
Jika Anda tak memiliki alergi atau masalah dengan bulu kucing atau hewan peliharaan, Anda bisa pertimbangkan tidur dengannya di malam hari. Tidur dengan hewan peliharaan menurut sebuah penelitian baru dipercaya bisa meningkatkan kualitas tidur.
10. Pasang alarm
National Sleep Foundation merekomendasikan tidur tujuh sampai sembilan jam per malam. Anda bisa tidur dengan menyesuaikan